Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Internasional
icon featured
Internasional

Hadir di Chicago, WaRoeNG jadi ‘Obat Kangen’ Warga Indonesia

13 Juni 2021, 20: 47: 05 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ilustrasi toko

Ilustrasi toko (IST)

Share this      

SCHAUMBURG, BALI EXPRESS-Kehadiran toko bernama WaRoeNG kini bisa jadi ‘obat kangen’ bagi warga Indonesia di Kota Schaumburg, Chicago barat. Sebab toko penjual produk makanan dan minuman dari Indonesia pertama di wilayah setempat itu mulai beroperasi, Sabtu (12/6) pagi.

"Ini bukan hanya mimpi saya, tapi juga mimpi orang Indonesia. Karena selama ini tidak ada grocery store Indonesia di Chicago,” ujar Tasya Hardono, salah satu pemilik WaRoeNG.

Selain menjadi obat kangen bagi diaspora Indonesia, Tasya juga memiliki mimpi tokonya menjadi jembatan untuk mendekatkan hubungan masyarakat AS dengan Indonesia. Schaumburg, yang dihuni beragam warga, merupakan tempat yang menjadi kesempatan baik untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia.

“Dengan mengundang wali kota, senator, dan asosiasi bisnis, saya ingin memperkenalkan kepada mereka bahwa produk-produk Indonesia juga berkualitas dan layak dihadirkan ke komunitas setempat,” ujar Tasya, yang juga merupakan pemilik restoran Indonesia ‘Minahasa’ di daerah pusat kota Chicago.

Tasya juga menyampaikan apresiasi kepada KJRI Chicago yang sejak awal terus mendukung, termasuk memfasilitasi pertemuan dengan para importir produk makanan dan minuman yg banyak terdapat di Pantai Barat AS, hingga akhirnya toko tersebut berhasil dibuka.

Baca juga: Dukung Pelestarian Budaya, BPK Bantu Perjuangkan Dana Istimewa

Acara pembukaan toko  berlangsung secara sederhana namun meriah, ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Wali Kota Schaumburg Tom Dailly, Senator Michelle Mussman, Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir, Membership Director Asosiasi Bisnis Schaumburg Matt East, Presiden Indonesian Diaspora Network Martino Tangkar, serta tiga orang pemilik toko WaRoeNG, yaitu Tasya Hardono, John Avila, dan Windy Priliantining.

“Kami sangat senang Schaumburg dipilih sebagai lokasi toko ini,” ujar Wali Kota Schaumburg, Tom Dailly dalam keterangan itu.

Saat melihat-lihat isi toko, ia memuji banyaknya ragam produk yang ditawarkan. Menurut dia, keberadaan toko itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas Indonesia dan warga setempat, sehingga toko memiliki kesempatan baik untuk terus berkembang. “Selain itu, sebagai penggemar kerajinan tangan, saya senang di sini juga dijual produk kerajinan yang sangat bagus,” ujarnya sambil mengamati beberapa kerajinan kayu yang ada di rak toko.

Senator Michelle Mussman dari Illinois House of Representatives, yang mewakili Distrik ke-56, juga menyambut gembira pembukaan toko Indonesia di Schaumburg. “Kehadiran wali kota dan asosiasi bisnis menunjukkan bahwa komunitas Schaumburg menyambut toko ini dengan tangan terbuka dan siap mendukung,” ujar Senator Michelle.

Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas pembukaan toko Indonesia. “Ini merupakan toko pertama di Chicago dan sekitarnya yang benar-benar menghadirkan produk Indonesia, terutama makanan dan minuman,” ujar Konjen Meri.

Sejak tiba di Chicago, ia melihat bahwa masyarakat dan diaspora Indonesia di sekitar Chicago mengalami kesulitan karena keterbatasan ketersediaan produk makanan dan minuman Indonesia sehingga terdorong untuk membawa produk Indonesia yang lebih beragam ke wilayah Midwest. (ant)

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP