Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Denpasar Timur Masuk Zona Hijau

13 Juni 2021, 21: 19: 36 WIB | editor : Nyoman Suarna

Denpasar Timur Masuk Zona Hijau

VAKSINASI: Salah seorang warga disuntik vaksin Covid-19 di Kota Denpasar belum lama ini. (I Dewa Made Krisna Pradipta/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS- Kecamatan Denpasar Timur (Dentim) untuk sementara ini dinobatkan sebagai wilayah di Kota Denpasar yang masuk zona hijau Covid-19. Status tersebut disandang wilayah paling timur Kota Denpasar yang berbatasan dengan Kabupaten Gianyar ini terhitung sejak Jumat (11/6) lalu.

Hal ini ditegaskan juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai, Minggu (13/6). Menurut Dewa Rai, jumlah kasus aktif di Kecamatan Dentim selama dua hari belakangan berkisar 0-2 kasus. “Jadi ini kabar baik tentunya, tapi ini tak serta merta warga menjadi santai dan acuh terhadap Covid-19. Disiplin dan mawas diri serta penerapan prokes masih harus tetap diindahkan, karena bisa sewaktu-waktu terjadi kasus baru. Begitu juga wilayah lainnya,” tegas Dewa Rai.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang menyebabkan Dentim masuk zona hijau. Pertama soal jumlah penduduk yang di Dentim yang dinilai paling sedikit di antara 4 kecamatan yang ada. Begitu juga heterogenitas penduduknya tidak sepadat di Denbar, Densel maupun Denut. “Otomatis mobilisasi warga juga tidak sepadat di tiga kecamatan lainnya,” tegas Dewa Rai.

Baca juga: Peringatan Tragedi Angeline Diwarnai Nyala Seribu Lilin

 Kemudian yang kedua, peran vaksinasi yang sudah dilangsungkan oleh Pemkot Denpasar yang mencakup Dentim, khususnya di wilayah Kelurahan Kesiman. Bagi Pemerintah Kota Denpasar, wilayah Kesiman ini menjadi prioritas vaksinasi Covid-19 dikarenakan wilayah tersebut menjadi daerah penyangga kawasan Sanur yang dicanangkan menjadi green zone. “Jika Dentim stabil dalam menjaga status zona hijau ini selama 12 hari ke depan, bukan tidak mungkin sekolah tatap muka bisa dilangsungkan di sana,” bebernya.

Secara umum, Dewa Rai menyebutkan, selain Dentim ada juga wilayah yang masuk zona hijau, seperti Kelurahan Renon serta Kelurahan Serangan. Sedangkan secara keseluruhan, dari 43 Desa/Kelurahan, 35 Wilayah di Denpasar masuk zona hijau. Sementara, 8 wilayah yang masih zona kuning meliputi Desa Ubung Kaja untuk Kecamatan Denpasar Utara. Kemudian di Kecamatan Denpasar Barat meliputi Desa Padangsambian Kaja, Kelurahan Padangsambian, Desa Pemecutan Kelod, dan Kelurahan Dauh Puri. Dan untuk Kecamatan Denpasar Selatan yakni Desa Pemogan, Kelurahan Panjer dan Desa Sidakarya.

“Dari data yang kami peroleh, untuk hari ini, persentase angka kesembuhan mencapai 97,08 persen. Sedangkan kasus aktif hanya 0,60 persen. Lalu, untuk cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Denpasar secara menyeluruh hingga Juni ini mencapai 66 persen yang meliputi nakes, pelayan publik hingga masayrakat umum,” pungkas pejabat asal Klungkung itu.

(bx/dip/man/JPR)

 TOP