Senin, 27 Sep 2021
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Persiapan Pilkada 2024, KPU Karangasem Undang Parpol

25 Juni 2021, 20: 25: 27 WIB | editor : Nyoman Suarna

Persiapan Pilkada 2024, KPU Karangasem Undang Parpol

Divisi Perencanaan dan Data KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana (DOK.BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem sudah mulai memantapkan persiapan Pilkada 2024 mendatang. Hal yang mulai dimatangkan yakni penyiapan daftar pemilih berkelanjutan.

Langkah awalnya, penyelenggara akan mengundang seluruh partai politik (Parpol) di Karangasem dalam waktu dekat ini. Koordinasi ini dinilai penting agar parpol memastikan konstituennya terdata dalam data kependudukan daerah sehingga nanti bisa masuk dalam daftar pemilih.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana menyebut ada 16 parpol yang bakal diundang mulai pekan depan. Di antaranya PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, PKPI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya.  KPU bersama perwakilan parpol akan membahas perihal daftar pemilih berkelanjutan. Ini berdasarkan surat edaran dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Nomor 270 agar semua perbekel mendata warga yang belum perekaman e-KTP. “Yang belum agar hubungi kantor desa masing-masing. Kami juga berharap parpol menyerukan lewat surat edaran,” kata Krisna, Jumat (25/6).

Baca juga: Diskominfo Badung Akui Belum Bisa Tertibkan Ratusan Tower Bodong

Pembaruan data kependudukan di Karangasem diharapkan bisa dituntaskan. Ini penting bagi KPU agar dalam hal penetapan daftar pemilih tidak terjadi masalah. Seperti data warga sudah meninggal agar tidak tercatat sebagai data pemilih. “Ini perlunya agar masyarakat mengurus pembaruan data di Disdukcapil,” jelas pejabat asal Desa Adat Bungaya, Kecamatan Bebandem ini.

Seperti diketahui, pada Pilkada Karangasem Desember 2020 lalu, jumlah pemilih mencapai 375.063 orang. Sementara itu, tingkat partisipasi memilih mencapai 71 persen dengan jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya ke TPS sebanyak 267.292 pemilih.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya