Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Usai Safari Politik, Ketua DPD Gerindra Bali Berpulang

01 Juli 2021, 17: 44: 42 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Usai Safari Politik, Ketua DPD Gerindra Bali Berpulang

GERINDRA : Ketua DPD Gerindra Provinsi Bali semasa hidupnya, Ida Bagus Putu Sukarta.   (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS -  Keluarga besar Partai Gerindra Provinsi Bali tengah berduka. Pasalnya, Ketua DPD Gerindra Bali, Ida Bagus Putu Sukarta, meninggal dunia, Kamis pagi (1/7).

Sebelum menghembuskan napas terakhir, mantan anggota DPR RI ini sempat safari politik ke masing-masing DPC di kabupaten/kota se-Bali untuk menyelesaikan kepengurusan partai.

Staf ahli partai Gerindra Bali, Rai Misno, menjelaskan, almarhum diketahuinya sakit sejak awal Juni lalu. “Sebelumnya beliau safari politik sama saya. Kami target menyelesaikan kepengurusan DPC seluruh Bali, setelah itu beliau istirahat,” paparnya.

Baca juga: 11 Terduga Teroris Kelompok JAD Diterbangkan ke Jakarta

Rai Misno juga mengaku sempat mendapat informasi bahwa 4 Juli mendatang almarhum check-up ke Jakarta. Soal sakit yang diderita almarhum, ia tidak terlalu mengetahuinya. “Tanggal 4 Juli infonya maunya check-up ke Jakarta, tapi tadi pagi dapat info beliau meninggal, saya kaget,” sambungnya.

Rai Misno mengatakan bahwa almarhum awalnya bukan orang politik.  Namun, karena keaktifan semasa hidup almarhum dalam beberapa organisasi, hingga dilirik dan dijadikan kader dari partai Gerindra.

“Beliau aktif banyak organisasi.  Beliau adalah pengrus Pemuda Panca Marga Bali. Kemudian ditawari masuk politik dengan Gerindra,” ungkapnya.

Dalam perjalanan politik almarhum, pada tahun 2009 maju mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Bali. Sehingga pada 2009 sampai 2014 almarhum menjadi anggota DPRD, bahkan menjadi Wakil Ketua DPRD saat itu.  

“Kemudian diperintahkan untuk ke DPR RI, dan lolos pada tahun 2014-2019 di DPR RI. Beliau jadi ketua DPD Gerindra setelah duduk di wakil DPRD Bali,” papar Rai Misno.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Bali, Ketut Juliarta, menjelaskan, sosok almarhum adalah sebagai ayah baginya. Bahkan, bagi para kader yang lainnya juga merasakan hal yang sama. 

“Sangat rendah hati, tidak pernah memberatkan kader. Beliau memimpin  bisa memposisikan diri sebagai ayah dan juga teman,” tuturnya.

Politisi asal Klungkung ini, juga mengaku bahwa almarhum bisa mengayomi kader-kadernya.  Bahkan, tidak pernah ada konflik di internal partai. “Beliau sosok pemimpin yang sukses, baik di kabupaten, beliau juga sosok pemimpin bisa merangkul semua kadernya,” tandas Juliarta, mengenang jasa politisi asal Gria Buruan Sanur, Denpasar tersebut. 

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP