Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Internasional
icon featured
Internasional

Negara Ini Mulai Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga

02 Juli 2021, 18: 42: 01 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ilustrasi vaksinasi

Ilustrasi vaksinasi (JawaPos.com)

Share this      

SANTO DOMINGO, BALI EXPRESS-Guna melindungi masyarakatnya dari varian baru virus korona, otortias kesehatan Dominika pada Kamis (1/7) mulai memberikan dosis ketiga vaksin Covid-19. Dosis tambahan  bersifat sukarela dan diprioritaskan untuk tenaga medis.

"Potensi khasiat dari suntikan penguat jauh lebih besar ketimbang kemungkinan efek tambahan," kata Menteri Kesehatan Daniel Rivera saat konferensi pers, Rabu (7/2).

Kampanye tersebut kemudian akan bergeser ke orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi kesehatan yang rentan terhadap Covid-19 parah. Penerima vaksin Covid-19 AstraZeneca dijadwalkan mendapat suntikan ketiga 12 pekan setelah suntikan kedua. Sementara, penerima vaksin Covid-19 Sinovac Biotech dapat menerima suntikan ketiga sebulan dari suntikan kedua.

Namun demikian, Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO), kantor regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan tidak ada bukti ilmiah bahwa diperlukan lebih dari dua dosis vaksin Covid-19.

Republik Dominika menghadapi lonjakan baru kasus Covid-19 yang membuat rumah sakit kewalahan sekaligus memicu ketakutan bahwa varian baru virus yang lebih mudah menular dapat memperlama pandemi. Namun negara itu sejauh ini telah melaporkan 3.822 kematian Covid-19 dengan tingkat kematian 1,18 persen, salah satu yang terendah di kawasan itu.

Tidak sampai setengah dari 10,5 juta warga Republik Dominika telah menerima sedikitnya satu dosis vaksin, menurut data pemerintah. Negara itu telah mendistribusikan vaksin Covid-19 AstraZeneca, Pfizer/BioNTech dan Sinovac. Pemerintah tidak menyertakan penerima vaksin Pfizer/BioNTech, yang mulai tiba pada 11 Juni, dalam skema tersebut. (ant)

Baca juga: Kodam IX/Udayana Mulai Gelar Vaksinasi Untuk Anak

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP