Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

Astra Motor Kolaborasi Gelar GC Gathering

20 Juli 2021, 19: 33: 16 WIB | editor : Nyoman Suarna

Astra Motor Kolaborasi Gelar GC Gathering

SEMANGAT: Astra Motor Kolaborasi Bersama Gekrafs dan Grab Bali Gelar GC Gathering Webinar. (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tampaknya ditantang untuk bertahan selama pandemi Covid-19. Pasalnya, adanya pandemi dan diterapkannya PPKM, menyebabkan daya beli masyarakat menurun. Oleh karena itu sebagai bentuk upaya menumbuhkan semangat para pelaku UMKM di situasi ini, Astra Motor Bali menggandeng (Gerakan Ekonomi dan Kreatif Nasional) Gekrafs Bali dan Grab Bali menggelar acara secara online bertajuk “Grup Customer Gathering Webinar” dengan topik “Semangat UMKM di Era Pandemi”. 

Kegiatan ini berlangsung 3 jam dan diikuti 300 partisipan yang kebanyakan adalah para pelaku UMKM. Tak hanya dari Bali, peserta asal luar Bali juga semangat berpartisipasi. Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional hadir untuk membuka acara serta dihadiri pula Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan, para pelaku UMKM harus mengambil langkah strategis agar tetap bertahan. Salah satunya dengan meningkatkan keterampilan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) atau UMKM dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Selain itu, kata Sandi, pemerintah pun mencoba berkolaborasi dengan berbagai pihak supaya industri pariwisata dan ekonomi kreatif ini tetap bertahan.

Baca juga: Sempat Krisis, RSUD Buleleng Cukupi Kebutuhan Oksigen

Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian memaparkan, untuk menjaga optimisme di tengah masa pandemi, kondisi ini harus dapat dipandang sebagai guru besar. Hal ini untuk belajar sebagai pelaku UMKM, yang mana jika dijabarkan menjadi upaya tetap maksimal, menjaga optimisme keyakinan penuh pada yang kuasa dan mensyukuri setiap potensi yang ada. “Semoga kita dapat melalui semua ini dengan semangat optimisme,” katanya, Selasa (20/7).

Sementara itu, untuk dapat bergabung menjadi merchant di grabfood dan grabmart, ada beberapa kiat yang harus diketahui. Menurut Grab Acquisition Associate, Ebbetha Rulynda, dalam pemaparannya disampaikan kunci sukses utama yang perlu merchant lakukan di bisnis online yakni menjadi individu atau no legal merchant dan legal merchant. Umumnya, kata dia, UMKM memilih jenis individu.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu UMKM juga berbagi kiat suksesnya. Owner of Mr. Takoyaki Bali, I Nyoman Gede Mertayasa mengungkapkan bagaimana usahanya dirintis sejak awal hingga kini sudah memiliki 5 cabang. Strategi berjualan di Grabfood selama masa pandemi dengan mengusung kata kunci tetap mengapung di permukaan yang mengandung arti siapkan menu andalan yang diminati banyak orang. Serta menu yang unik suatu produk harus selalu muncul di permukaan dengan berapa program maupun promo di aplikasi grab yang dapat diikuti dan disesuaikan.

Sementara itu, Supervisor Grub Customer Astra Motor Bali, Abdul Hafiz Mugni sekaligus sebagai ketua panitia dalam acara webinar ini mengatakan, kegiatan webinar ini dilaksanakan untuk memberikan semangat kepada pelaku UMKM dan dan masyarakat Bali agar bisa saling sharing di masa pandemi. Terlebih, sekarang masyarakat sedang menjalankan PPKM darurat.

“Ini adalah event perdana dan antusias partisipan sangat tinggi. Sehingga kemungkinan berikutnya sharing dan gathering ini akan dilaksanakan kembali dengan mengambil tema yang berbeda. Ini untuk menambah semangat para pelaku UMKM. Harapannya, kolaborasi antara Astra Motor Bali, Gekrafs dan Grab Bali dapat terjalin dengan baik dan berkelanjutan,” jelasnya.

Pihaknya percaya, inilah saatnya bagi UMKM Bali untuk maju dengan inovasi dan saling menginspirasi agar dapat bertahan dan bangkit.(ika)

(bx/ras/man/JPR)

 TOP