Minggu, 26 Sep 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Waspada, Beredar Link Palsu Pendaftaran Vaksinasi Covid-19

20 Juli 2021, 19: 38: 46 WIB | editor : Nyoman Suarna

Waspada, Beredar Link Palsu Pendaftaran Vaksinasi Covid-19

PENGUMUMAN RESMI: Puskesmas Kuta Selatan melalui akun Instagram memberikan pengumuman setelah beredar link palsu pendaftaran vaksinasi Covid-19 (Istimewa)

Share this      

KUTA SELATAN, BALI EXPRESS - Pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kuta Selatan disinyalir adanya link pendaftaran palsu. Link tersebut pun berbeda dari link resmi milik pemerintah daerah. 

Hal itu terungkap dari laporan seorang petugas Puskesmas Kuta Selatan. Petugas bersangkutan disodorkan link pendaftaran yang berbeda dengan link resmi. Untuk meminimalisasi adanya polemic, Puskesmas Kuta Selatan memberikan pengumuman langsung.

Kepala Puskesmas Kuta Selatan dr IGNB Sastrawan DJ saat dikonfirmasi tak menampik hal tersebut. Setelah mendapatkan laporan tersebut, pihaknya langsung memberikan pengumuman kepada masyarakat melalui media sosial, Satgas Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Kuta Selatan dan lurah. “Kami takutkan masyarakat yang datang untuk vaksinasi memperlihatkan sudah mendaftar melalui link tersebut, padahal dia tidak terdaftar,” ujarnya pada Selasa (20/7). 

Baca juga: Idul Adha, Dinas Pertanian Pastikan Kesehatan Hewan Qurban

Sastrawan juga mengatakan, agar tidak terjadi polemik pihaknya menyampaikan agar masyarakat mendaftarkan diri melalui link yang diberikan oleh puskesmas langsung. Link tersebut pun juga sudah disebarluaskan melaui kelurahan/desa kemudian disampaikan kepada masyarakat. “Kami juga menyampaikan kepada masyarakat melalui akun Instagram kami. Link tersebut digunakan untuk mendaftar vaksinasi pada Sabtu (24/7),” ungkapnya. 

Sastrawan menjelaskan, setelah masyarakat mendaftar melalui link resmi milik puskesmas, masyarakat akan dikirimkan undangan secara resmi melalui aplikasi Whatsapp. Dalam undangan tersebut berisi jadwal vaksinasi dan nomor antrean. “Kalau sudah masuk ke google form kami, sehari sebelum vaksinasi tim kami akan mengirimkan undangan, dan sudah isi nomor antrean dan jam kedatangan vaksinasi. Kalau belum ada undangan vaksinasi belum bisa. Setiap harinya kami menerima vaksinasi sebanyak 400 orang untuk 3 tim vaksinasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya meminta masyarakat agar mengabaikan link yang tidak seusai dengan link resmi. Untuk memastikan kebenaran link pendaftaran vaksinasi masyarakat dapat melihat langsung melalui akun instagram puskesmas kuta selatan, memastikan melalui perbekel, lurah atau dapat langsung datang ke puskesmas. (esa)

(bx/wan/man/JPR)

 TOP