Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Kolom
icon featured
Kolom

Tagana Tabanan Bantu Operasional Dapur Umum

20 Juli 2021, 20: 48: 10 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Tagana Tabanan Bantu Operasional Dapur Umum

DAPUR : Suasana aktivitas Tagana di dapur umum yang salah satunya didirikan pada BRSPDSN Mahatmiya Bali. (istimewa)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Tabanan, meminta bantuan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk operasional dapur umum yang pembuatannya diinstruksikan Kementerian Sosial (Kemensos).

Setidaknya lebih dari sepekan, Tagana Tabanan membantu operasional dapur yang menyuplai kebutuhan tambahan nutrisi bagi tenaga kesehatan (nakes) yang melayani pasien Covid-19.

Kebetulan di Bali, lokasi dapur umum salah satunya ada di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Mahatmiya Bali, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri.

Baca juga: Bupati Sanjaya Komit Lanjutkan Bangun Infrastruktur di Masa Pandemi

Seperti dijelaskan Kepala Dinsos P3A Tabanan, I Nyoman Gede Gunawan, pendirian dapur umum tersebut merupakan instruksi pusat melalui Kemensos. Pendiriannya dilakukan di seluruh unit pelayanan terpadu (UPT) di bawah Kemensos. Salah satunya di BRSPDSN Mahatmiya Bali.

Karena lokasinya di Tabanan, Dinsos Bali meminta bantuan pada Tagana Tabanan untuk membuat dan membantu operasional dapur umum. “Sudah lebih dari sepekan, para petugas Tagana Tabanan ini menyiapkan dapur umum," jelas Gunawan, Selasa (20/7).

Mereka memasak, seperti merebus telur, sampai dengan mendistribusikan ke rumah sakit untuk dibagikan keada para nakes. "Tentu dibantu juga staf dari Mahatmiya,” imbuhnya.

Distribusi tersebut bukan hanya di wilayah Tabanan saja. Namun mencakup beberapa kabupaten lainnya seperti Badung, Denpasar, Buleleng. Untuk telur rebus saja distribusinya dalam sehari bisa mencapai tiga sampai empat ribu butir. “Distribusi juga dibantu tenaga pelopor,” pungkas mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini. 

(bx/hai/rin/JPR)

 TOP