Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Kolom
icon featured
Kolom

Daging Kurban di RPH dan Masjid di Jembrana Diperiksa

20 Juli 2021, 21: 14: 09 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Daging Kurban di RPH dan Masjid di Jembrana Diperiksa

PERIKSA : Pemeriksaan daging kurban oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Selasa (20/7).  (Gede Riantory Warmadewa/Bali Express)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS - Sejumlah rumah potong hewan (RPH) dan masjid yang menjadi tempat pemotongan hewan kurban di Kabupaten Jembrana, menjadi sasaran petugas dari Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana. 

Kedatangan mereka itu untuk melakukan pemeriksaan daging kurban yang akan dibagikan saat perayaan hari raya Idul Adha, Selasa (20/7). Tujuannya untuk memastikan daging-daging kurban tersebut layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Gede Adi Adnyana mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan antemortem dan post mortem. 

Baca juga: Bupati Tamba Keliling Bagi Beras dan Sosialisasi Disiplin Prokes

"Pemeriksaan antemortem sudah mulai dari kemarin. Sedangkan post mortem dilakukan di RPH dan masjid. Tadi ada sekitar 10 ekor sapi jantan yang sudah dipotong dan 6 ekor kambing," ujarnya. 

Dari pemeriksaan daging kurban itu, lanjut Adi Adnyana, seluruhnya sehat dan dinyatakan layak konsumsi. Bahkan, pemeriksaan organ dalam hewan kurban, tidak menemukan adanya indikasi mengarah ke penyakit.  "Jadi, dari hasil pemeriksaan secara detail sekali oleh petugas dipastikan semua hewan kurban sehat dan layak konsumsi," terangnya. 

Sementara itu, untuk pemeriksaan daging kurban di beberapa masjid, pihaknya juga tidak menemukan daging kurban yang rusak. "Pemeriksaan daging di masjid yang melaksanakan pemotongan hewan kurban, hasilnya layak untuk dikonsumsi dan terbebas dari cacing hati dan cacing pita," pungkasnya. 

(bx/tor/rin/JPR)

 TOP