Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Tangani Pasien Covid-19, RSD Mangusada Dapat Suntikan Dana Rp 30 M

21 Juli 2021, 20: 12: 42 WIB | editor : Nyoman Suarna

Tangani Pasien Covid-19, RSD Mangusada Dapat Suntikan Dana Rp 30 M

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta (Istimewa)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS – Demi memberikan perawatan maksimal, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menganggarkan Rp 30 miliar untuk sarana penunjang perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada, Badung. Anggaran Rp 30 miliar itu pun diambil dari dana refocusing yang dilakukan Pemkab Badung.

Giri Prasta mengatakan, saat ini Badung sedang fokus untuk penanganan Covid-19. Tidak hanya bed perawatan pasien Covid-19 yang akan ditambah, namun sarana penunjang lainnya.  “Jadi untuk peningkatan BOR ini yang perlu kami pertimbangkan yakni ada AC, teknikal, elektrikal, bed, ventilatornya, tabung oksigen, dan liquid oksigennya. Sehingga saat kami ada pasien sudah mendapatkan penangan lengkap,” ujar Giri Prasta usai pemberian BLT di Wantilan Pura Dalem Gede, Desa Adat Dalung, Rabu (21/7).

Disinggung mengenai jumlah bed yang ditambah, bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu mengatakan paling sedikit 100 bed. “Semuanya sudah jalan. Ini untuk perbaikan-perbaikan itu semua, bahkan untuk masalah bed kami bisa menggunakan E-katalog,” jelasnya.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Pengusaha Hotel Sebut Tourism Perkara Kepercayaan

Terkait kelangkaan oksigen di Kabupaten Badung, bupati dua periode ini menyatakan saat ini dirinya telah mohon ke pemerintah pusat agar mendapatkan pasokan liquid oksigen. Selain itu pihaknya juga telah berkoordinasi   dengan Samator agar ada pemberian oksigen di Kabupaten Badung berdasarkan kebutuhan. “Kami juga sudah mohon ke pusat, terutama pada Samator (penyuplai oksigen) untuk direalisasikan. Jangan sampai ada kekurangan oksigen, karena ini untuk kesehatan manusia,” jelas Ketua DPC PDI Perjuangan Badung tersebut.

Selain itu,  Giri Prasta juga mengakui, untuk liquid oksigen itu dirinya juga berkoordinasi dengan pemerintah NTT dan NTB untuk penyediaan oksigen. Bahkan ia menyebutkan, oksigen itu sudah dalam pengawalan untuk datang ke Bali. “Di situ ada (oksigen), bahkan kami dibantu Polda NTB dan NTT dalam proses perjalanan. Bahkan hari ini akan sampai di Bali, dan kami juga sudah berkoordinasi dengan satgas Covid-19 di Bali, dan Bapak Kapolda Bali untuk mengawal agar oksigen itu aman sampai di Kabupaten Badung,” paparnya. (esa)

(bx/wan/man/JPR)

 TOP