Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Giri Prasta Serahkan BLT di Tiga Kecamatan

21 Juli 2021, 21: 23: 18 WIB | editor : Nyoman Suarna

Giri Prasta Serahkan BLT di Tiga Kecamatan

PENYERAHAN BLT: Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan secara simbolis BLT PPKM Darurat, Rabu (21/7). (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Badung for Bali Express)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) PPKM Darurat Kabupaten Badung  untuk masyarakat di tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Kuta Utara, Kuta dan Kuta Selatan yang dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Dalung, Wantilan Pura Desa Kelan dan Wantilan Desa Adat Pecatu, Rabu (21/7).

“Inilah wujud perhatian kami kepada masyarakat dan kami tidak akan mungkin tidak memperhatikan masyarakat dengan baik. Mari bergerak bersama-sama agar pandemi Covid-19 ini tidak menyebar dan bisa segera hilang dari muka bumi khususnya dari Kabupaten Badung. Dan astungkara masyarakat Badung betul-betul luar biasa, dua jempol kami berikan kepada masyarakat yang patuh dalam menerapkan prokes,” ujar Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan dengan baik di 46 desa dan 16 kelurahan yang ada di Badung. Semua perbekel dan lurah sudah melakukan validasi data yang disinergikan dengan data dari Dukcapil Badung. Sehingga ada 98.830 KK Badung yang masuk dalam kategori penerima BLT yang bersumber dari APBD Kabupaten Badung di luar Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat. “Sederhananya begini, misal Banjar A berapa mendapatkan bantuan dari Kemensos baik itu PKH,BPNT, BST jelas. Ada pula bantuan BLTDD yang disalurkan Kemendes, nah diluar semua bantuan dari Kemensos dan Kemendes, semua warga Badung itu dapat BLT murni dari APBD Kabupaten Badung tidak terkecuali semua KK dapat. Urusan untuk nantinya ada yang mengembalikan karena sudah merasa mampu diberikan kepada yang lebih membutuhkan itu luar biasa sekali,” ungkap Giri Prasta.

Baca juga: Lupa Jadi Alasan, Enam Warga Terjaring Razia Prokes

Dikatakannya,  BLT ini merupakan wujud keseriusan dan komitmen pemerintah kepada masyarakatnya. Paling tidak BLT ini bisa meningkatkan imun masyarakat ketika membutuhkan dana. Walaupun sedikit. “Negara harus ada untuk masyarakatnya, dan bupati harus hadir di tengah-tengah masyarakatnya sesuai dengan sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” terang Giri Prasta.

Sementara itu, salah satu warga yang menerima BLT PPKM Darurat Kabupaten Badung, Hasan mengucapkan terima kasih kepada bupati Badung atas perhatiannya kepada masyarakat di masa PPKM darurat. “Karena selama ini pekerjaan saya cuma seorang sopir travel saja, selama pandemi ini saya dirumahkan dan menunggu panggilan saja. Kami syukuri saja apa yang sudah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung dan sangat membantu kami masyarakat kecil,” ujarnya. (esa)

(bx/wan/man/JPR)

 TOP