Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese
DRESTA

Pasraman Budi Pekerti Bagi Anak Terapkan Belajar Sambil Bermain 

22 Juli 2021, 09: 56: 38 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Pasraman Budi Pekerti Bagi Anak Terapkan Belajar Sambil Bermain 

Penyuluh Agama Hindu, Ida Ayu Kade Ratnawati.  (Putu Agus Adegrantika/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Pemberian materi kepada anak-anak di sekolah dasar tentu menjadi permasalahan, jika materi tersebut tidak diterima sepenuhnya dengan baik.  

Guna mengatasi masalah tersebut, materi bagi anak SD di Pasraman Budi Pekerti di Desa Adat Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud, disajikan dengan permainan sambil belajar.  Dengan demikian, materi dapat tersalurkan dan diterima dengan baik oleh peserta didik. 

Penyuluh Agama Hindu di Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Ida Ayu Kade Ratnawati, mengakui, pasraman yang digelar di tengah pandemi memang sedikit sulit. "Dengan situasi yang dibatasi ini, pasraman yang kami laksanakan di tengah pandemi dilakukan setiap hari selama libur sekolah,  dengan tetap mengikuti protokol kesehatan," terangnya, kemarin.

Baca juga: Sinta, Mantan Juara Angkat Besi Bina Potensi Usia Dini

Anak-anak dan guru tetap memakai masker selama kegiatan, dan posisi duduk juga dibuat melingkar dengan tetap menjaga jarak.

Ia juga menyampaikan kegiatan pasraman telah berakhir sebelum PPKM Darurat secara tatap muka. Namun, dengan virtual pihaknya tetap memberikan materi yang sifatnya teori dan ilmu pengetahuan. 

Wanita yang biasa disapa Dayu Ratna ini, mengatakan, peserta pasraman merupakan siswa SD yang ada di Desa Adat Nyuh Kuning kelas 4,5, dan 6.  

Untuk program kerjanya, pihaknya  memberikan beberapa materi, seperti tari, yoga, masatua, majejaitan, maulatan dan pengetahuan Agama Hindu.

 "Kami mengedepankan proses belajar anak yang menyenangkan, namun dipahami anak-anak dengan gampang. Jadi, materi yang kami sampaikan dikemas dalam bentuk game," tegas Dayu Ratna. 

Setelah itu, lanjutnya, baru diselipkan ajaran- ajaran agama Hindu yang ingin disampaikan. Sehingga anak senang dan mereka memahami apa yang dipelajari. 

"Kami mengemas materi dalam bentuk game, sehingga anak lebih semangat mengikuti, karena di sekolah anak sudah sering mendengar penjelasan secara teori panjang lebar. Agar anak tidak bosan, kami mengajak belajar sambil bermain," pungkasnya. 

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP