Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Pengedar Sabu dan Ekstasi Diciduk, Sekali Tempel Dapat Rp 15 Juta

22 Juli 2021, 14: 12: 33 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Pengedar Sabu dan Ekstasi Diciduk, Sekali Tempel Dapat Rp 15 Juta

TARGET : Saugi (kanan) merupakan target operasi Satresnarkoba Narkoba Polresta Denpasar. (Agung Bayu/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Target Operasi pelaku Narkoba berhasil dibekuk Satresnarkoba Polresta Denpasar. Pria 35 tahun bernama Saugi Hasan ini, berperan sebagai pengedar. Tak tanggung-tanggung, sekali beraksi ia bisa dapat Rp 15 juta.

Dalam pengungkapan di Mapolresta Denpasar, Kamis (22/7), Kapolresta Denpasar Kombespol Jansen Avitus Panjaitan menjelaskan, Satresnarkoba menghimpun informasi dari hasil penyelidikan bahwa akan ada transaksi Narkoba di Jalan Imam Bonjol, Denpasar Barat. 

Kemudian pada Rabu (14/7) pukul 19.20 Wita, pria yang jadi target operasi itu terpantau mengendarai sepeda motor berhenti di areal parkir Fontamart di Jalan Imam Bonjol.

Baca juga: Sutradara Acara Pembukaan Olimpiade Tokyo Dipecat

Pengedar Diringkus Punya 1 Kg Shabu, Sekali Tempel Dapat Rp 15 Juta (I Gede Paramasutha)

"Kala itu yang bersangkutan terlihat menjatuhkan bekas bungkus rokok Marlboro putih dari tangan kanannya," ungkap Jansen. Petugas pun langsung bergerak cepat membekuknya di tempat. Ketika digeledah, bekas bungkus rokok tersebut ternyata berisi satu paket kristal bening diduga Sabu  seberat 9,96 gram yang digulung dengan tissu warna putih dilakban warna hitam.

Pria kelahiran Denpasar ini setelah diusut, mengakui tinggal di sebuah  rumah kontrakan Pondok Citra Resident, Jalan Pulau Galang Denpasar Selatan.

Setelah mendapat kepastian, petugas selanjutnya menyambangi rumah tersebut dan melakukan penggeledahan, Kamis (15/7). Dalam lemari pakaian, ditemukan sebuah kotak karton berisi satu plastik besar kristal bening diduga Sabu seberat 997 gram, satu paket kecil Sabu seberat 6,78 gram, sebuah bungkus rokok Luxio bekas.

Sehingga total Sabu mencapai 1013,74 gram alias 1 kilogram lebih. Ditenukan juga sebuah timbangan dan alat penghisap bong. Ternyata tak hanya Sabu, didapati juga 230 butir pil Ekstasi warna kuning dengan berat 94,66 gram.

 "Dari pengakuan dia, barang ini didapat dari orang bernama Hendra dan AAK yang kini masih diselidiki. Pelaku mengaku dapat Rp 15 juta sekali tempel, karena dia biasa mengedarkan dalam jumlah besar," bebernya.

Selain itu, Saugi sudah beraksi selama lima bulan dan telah mengedarkan Sabu dengan cara menempel sebanyak tiga kali di Denpasar. "Ini merupakan tangkapan terbesar barang bukti Sabu tahun ini, sekaligus sebagai prestasi Polresta Denpasar karena berhasil menyelamatkan 50 ribu jiwa generasi muda dari sasaran peredaran 1 kg Sabu tersebut," imbuhnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun, maksimal 20 tahun dan denda Rp 1 hingga Rp 10 Miliar. 

Lalu dijerat juga Pasal 114 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun dan denda maksimal Rp 8 Miliar. (ges)

.

(bx/aim/rin/JPR)

 TOP