Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Luh Keni Bagikan Susu Gratis Untuk Balita dan Ibu Hamil

22 Juli 2021, 19: 10: 47 WIB | editor : Nyoman Suarna

Luh Keni Bagikan Susu Gratis Untuk Balita dan Ibu Hamil

GRATIS : Pembagian susu gratis di rumah donatur Luh Keni, di Kebon Sari, Kelurahan Kampung Tinggi, Buleleng. (Dian Suryantini/Bali Express)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS – Di tengah hiruk pikuknya masyarakat saling membantu dengan memberikan bantuan pangan dan makanan secara gratis, Luh Keni memilih jalan yang berbeda. Perempuan yang kesehariannya mengurus rumah tangga ini terketuk untuk membantu meringankan beban orangtua yang memiliki tanggungan balita. Begitu juga dengan ibu-ibu yang sedang mengandung di tengah pandemic yang tehimpit faktor ekonomi.

Luh Keni berinisiatif untuk membagikan susu formula untuk balita dan susu formula untuk ibu hamil secara gratis. Aksi bagi-bagi susu gratis ini awalnya dilakukan di depan Singaraja Futsal, Jalan Udayana Singaraja. Melihat antusiasme masyarakat yang datang hingga berpotensi menimbulkan kerumunan, maka Luh Keni beralih membagikan susu gratis via DM (Direct Message). Mereka yang benar-benar membutuhkan akhirnya mengambil secara bergantian ke rumah Luh Keni di Kebon Sari, Kelurahan Kampung Tinggi, Kecamatan Buleleng. “Bagi-bagi susu ini sejak tanggal 18 Juli lalu. Pembagian susu gratis ini, untuk lebih meringankan para keluarga yang memiliki balita dan ibu hamil yang terdampak pandemi covid-19,” ujar Luh Keni, saat ditemui di rumahnya, Kamis (22/7) pagi.

Luh Keni bersama keluarganya juga telah menyiapkan 1.000 kota susu formula. Baik untuk balita maupun ibu hamil. Pembagian susu dilakukan dengan memanfaatkan sosial media. Ribuan pesan telah diterima, dan harus diseleksi satu persatu. Warga yang datang, sebelumnya telah menerima pesan, untuk mengambil susu gratis. “Awalnya ada 4.000 pesan yang masuk. Tapi kami seleksi agar bantuan kami tepat sasaran,” tegasnya.

Baca juga: OPD Dirampingkan, Dewan Harapkan Kinerja Pegawai Efisien dan Efektif

Sistem pembagian dengan menafaatkan sosial media dilakukan untuk mengurangi jumlah kerumanan saat pembagian berlangsung.  Warga yang datang tidak hanya dari seputaran kota Singaraja. Bahkan ada yang datang dari luar kota Singaraja. Seperti Ida Ayu Putu Dinda Permata Sari. Pekerja lukis kuku ini rela datang dari Kecamatan Sawan ke kota Singaraja, demi mendapatklan susu gratis untuk anaknya. “Saya kerjanya jadi nail art. Karena pandemi saya jadi jarang service tamu. Apalagi sekarang PPKM. Saya ada anak juga dan butuh susu. Dengan ini lumayan bisa membantu biaya pembelian susu. Sangat berguna sekali,” ujarnya.

Hingga hari ke empat pembagian susu gratis ini, sebanyak 500 kotak susu formula telah dibagikan. 500 kotak susu lainnya, siap untuk dibagikan kembali sesuai dengan urutan daftar pesan yang telah diterima. “Sampai hari ini (kemarin,red) sudah 500 kotak yang dibagikan. Kami ada 1.000 kotak. Nanti akan dibagikan sisanya untuk yang sudah menghubungi via chat,” ungkap Luh Keni.

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP