Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Warga Badung yang Berstatus PNS, TNI, Polri Juga Dapat BLT

22 Juli 2021, 21: 17: 08 WIB | editor : Nyoman Suarna

Warga Badung yang Berstatus PNS, TNI, Polri Juga Dapat BLT

PENYERAHAN: Bupati Giri Prasta saat melaunching penyerahan simbolis BLT Kabupaten Badung tahap 1 di Wantilan Pura Dalem Mengwi, Wantilan Desa Sedang dan Wantilan Desa Carangsari, Senin (19/7). (DOK.BALI EXPRESS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS- Pemkab Badung memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan kepada seluruh masyarakat Badung. Bahkan masyarakat yang berstatus PNS, TNI, Polri juga mendapatkan hak yang sama. Bantuan yang akan diterima sebesar Rp 300 ribu per KK dianggarkan dari APBD Badung.

Kepala Dinas Sosial I Ketut Sudarsana saat dikonfirmasi tak menampik hal tersebut. Pihaknya memastikan hal itu tidak tergolong sebagai dobel anggaran. “Sesuai petunjuk bapak bisa, ada 98.830 KK di Badung yang tercatat sebagai penerima,” ujar Sudarsana, Kamis (22/7).

Sudarsana juga mengaku sempat berpikir bahwa adanya dobel anggaran, namun setelah rapat kordinasi dengan sekda serta kejaksaan hal itu sudah dibahas secara jelas. “Kami sebagai unsur pelaksana akan melaksanakan apa yang telah diputuskan,” ungkapnya.

Baca juga: Pertamina Tak Sarankan Isi Kendaraan di Bawah Angka Kompresi Kebutuhan

Lulusan dokter hewan ini mengatakan, tidak menutup kemungkinan bila ada yang mengembalikan bantuan yang diberikan. Misalnya kata dia, penerima merasa cukup dan tidak ingin menerima bantuan. “Kalau kembalikan silahkan dikembalikan, atau tidak memproses. Bila sudah diterima juga dapat dikembalikan,” jelasnya.

Sudarsana juga menjelaskan sistem pencairan bantuan tersebut. Kata dia, sesuai jumlah KK yang diterima di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Badung. Data tersebut akan diteruskan ke tingkat desa maupun kelurahan untuk memastikan yang bersangkutan merupakan warga Badung, termasuk pendatang yang telah menjadi warga Badung. “Setalah itu final, membuat lah dia (calon penerima) rekening Bank BPD. Setelah rekening diterima saya minta ke BPKAD untuk diterbitkan surat perintah pencairan dana, setelah itu bantuan langsung masuk ke rekening penerima,” ujarnya.

Bagi yang sudah memiliki rekening Bank BPD sudah dapat digunakan. Dengan catatan rekening tersebut wajib di cek keaktifan dan transaksi rekening. Sehingga tidak kejadian uang sudah dikirim tapi mengakui belum menerima.

Selanjutnya untuk pastian kapan pencairan secara keseluruhan, Sudarsana menegaskan masih terus berproses. (esa)

(bx/wan/man/JPR)

 TOP