Kamis, 23 Sep 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Sembako Gotong Royong di Bangli Mulai Dibagikan

23 Juli 2021, 18: 29: 59 WIB | editor : Nyoman Suarna

Sembako Gotong Royong di Bangli Mulai Dibagikan

SIMBOLIS: Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta (kanan) menyerahkan secara simbolis sembako gotong royong, Jumat (23/7). (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bangli)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESS- Paket sembako gotong royong seluruh ASN Pemkab Bangli, bupati, wakil bupati, DPRD, instansi vertikal dan sejumlah pengusaha mulai dibagikan kepada masyarakat Bangli. Ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Forkopimda Bangli di Rumah Jabatan Bupati Bangli, Jumat (23/7).

Kepala Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Kabupaten Bangli I Ketut Riang menyampaikan, dari urunan berbagai pihak itu terkumpul sekitar 7.000 paket sembako. Sasarannya adalah masyarakat yang sangat berdampak pandemi Covid-19. Masing-masing dusun diberikan 10 paket, selain itu, sembako juga diberikan kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM), industri kecil menengah (IKM), termasuk tenaga kerja yang dirumahkan. “Itu sasaran sembako,” kata Riang.

Sedana Arta usai menyerahkan sembako mengatakan, budaya gotong royong merupakan warisan yang patut dilestarikan. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19, banyak sekali masyarakat terdampak. Seperti karyawan dirumahkan, pedagang kaki lima tidak bisa berjualan secara optimal karena memang ruang geraknya dibatasi akibat pandemi, dan lainnya.  Ia  berharap gerakan seperti itu menular ke berbagai pihak. Sehingga masyarakat yang bisa sedikit terbantu. “Masyarakat yang mampu sekarang harus rela menyisihkan sedikit apa yang mereka dapat dan perlu bersyukur dalam situasi seperti ini,” ujarnya.

Baca juga: Anggota Ormas Tewas Bersimbah Darah di Jalan, Ditebas Debt Collector

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut itu juga mengingatkan, dalam situasi seperti sekarang tidak perlu saling menyalahkan. Melainkan bergerak bersama-sama dan komitmen bersama, melangkah untuk bisa melalui masa sulit seperti sekarang. “Kalau hanya mengandalkan APBD yang sangat terbatas, tentu tidak bijak dalam situasi seperti ini,” terang politikus PDIP itu.

Selain sembako gotong royong, Sedana Arta menegaskan bahwa pemerintah pusat juga sudah banyak menyalurkan bantuan selama pandemi ini. Di antaranya Bantuan Langsung Tunai, Bantuan Sosial Tunai (BST, 3.000 paket  dari Kementerian Sosial. Demikian pula dengan pemerintah daerah juga sudah menyalurkan bantuan. Salah satunya sembako untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19. “Ini tentu tidak menyelesaikan masalah yang ada, tetapi beban yang berat, kalau kita pikul bersama-sama tentu akan terasa lebih ringan,” tandas  Sedana Arta.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP