Kamis, 23 Sep 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Bupati Mahayastra Sampaikan Jawaban Atas PU Fraksi DPRD Gianyar

Terkait Laporan Pertanggungjawaban APBD 2020

23 Juli 2021, 19: 41: 56 WIB | editor : Nyoman Suarna

Bupati Mahayastra Sampaikan Jawaban Atas PU Fraksi DPRD Gianyar

Bupati Gianyar I Made Mahayastra (tengah), didampingi Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun (kiri), dan Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winarta (kanan) saat menghadiri sidang paripurna, Jumat (23/7). (istimewa)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - DPRD Gianyar kembali menggelar sidang paripurna dengan agenda jawaban Bupati terhadap pandangan umum Fraksi DPRD Gianyar terkait laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2020, Jumat (23/7). 

Dimana sebelumnya dalam pandangan umum Fraksi PDIP menyoroti sejumlah hal dalam laporan tersebut. Mulai dari penatausahaan hibah yang tidak sesuai ketentuan hingga pengadaan tisu dan vitamin.

"Terhadap kesalahan penganggaran belanja barang yang seharusnya dianggarkan pada belanja modal akan dilakukan penyesuaian dalam penganggaran berikutnya," tegas Bupati Gianyar I Made Mahayastra.

Baca juga: Berlanjut, Vaksinasi Bagi Sektor Jasa Keuangan Targetkan 2.000 Peserta

Kemudian, untuk sisa dana hibah yang belum dikembalikan sudah ditindaklanjuti dengan bersurat ke Kementerian Keuangan untuk melakukan pengembalian melalui pemotongan DAU secara bertahap. 

Selain itu, atas penetapan hibah pariwisata yang tidak sesuai data realisasi dalam SIMDA akibat adanya koreksi pembayaran pajak tahun 2019 tercatat sebagai denda namun di tahun 2020 berubah menjadi pembayaran pokok pajak. " Dan terhadap 143 hotel dan restoran yang belum menyampaikan laporan, sudah ditindaklanjuti dengan penyampaian pertanggungjawaban," paparnya.

Selanjutnya terhadap beberapa kekeliruan dalam kegiatan hibah pariwisata sudah ditindaklanjuti dengan ketentuan yang berlaku. "Terhadap penatausahaan bantuan sosial untuk klaim pelayanan sosial sudah dilakukan rekonsiliasi dari dinas Kesehatan dengan BPKAD," bebernya.

Namun secara keseluruhan Bupati Gianyar mengucapkan terima kasih kepada seluruh Fraksi DPRD Gianyar atas saran dan masukan yang disampaikan. "Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dapat disetujui sebagai dasar menetapkan Ranperda menjadi Peraturan Daerah," tandasnya.

Sidang paripurna pun dilanjutkan dengan penetapan Perda Kabupaten Gianyar tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP