Kamis, 23 Sep 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Krisis Oksigen, Wagub Harap Rumah Sakit Selektif Pasien Kritis

24 Juli 2021, 05: 00: 59 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Krisis Oksigen, Wagub Harap Rumah Sakit Selektif Pasien Kritis

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.  (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Kelangkaan oksigen terjadi di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Bali. Untuk mengantisipasi kekosongan oksigen, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, berharap agar pihak rumah sakit selektif memberikan oksigen pada pasien yang benar-benar membutuhkan saja. 

Langkah itu dilakukan guna penanganan pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan medis di rumah sakit diseleksi dengan tingkat kegawatannya. Sebab,  rumah sakit di Bali telah merasakan dampak kekurangan oksigen. "Dua hari lalu dari arahan Pak Menko sudah dikirim. Mudah-mudahan segera tiba," jelas Wagub yang dikenal nama pabggilan Cok Ace, Jumat (23/7). 

Dalam situasi minim pasokan oksigen sekarang ini, rumah sakit harus melakukan seleksi kepada pasien yang benar-benar membutuhkan oksigen. Sedangkan pasien Covid-19 bergejala ringan tetap disarankan untuk melakukan isolasi mandiri, namun tetap dengan pantauan tenaga medis. 

Baca juga: Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Bali Kini Tembus 1.407

"Itu kita cermati, bagi yang tidak terlalu memerlukan oksigen kita tunda. Karena kebutuhan oksigen sekarang memang cukup banyak,  misalnya kita pesan  50, hanya dapat 25," imbuhnya. 

Dalam kesempatan itu, Cok Ace  mengajak agar masyarakat menjaga imun tubuh agar tak terpapar virus Corona, apalagi sudah ada varian delta yang sangat berbahaya. Penyebarannya yang sangat cepat, dan angka harian terkonfirmasi positif di Bali juga semakin meningkat.

Cok Ace  juga mengingatkan langkah-langkah penting yang harus diperhatikan guna meningkatkan imun tubuh. "Caranya adalah dengan vaksinasi, dan upaya jasmani harus diimbangi dengan upaya secara rohani.  Berdoa dan memohon kepada yang Mahakuasa," pungkasnya. 

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP