Kamis, 23 Sep 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Polda Bali Tinjau Perluasan Rumah Tahanan Polres Tabanan

24 Juli 2021, 05: 05: 59 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Polda Bali Tinjau Perluasan Rumah Tahanan Polres Tabanan

PERLUASAN : Karo Rena Polda Bali Kombes Pol I Ketut Onik Surawan didampingi Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy PS Siregar, meninjau lokasi perluasan rutan di Polres Tabanan, Jumat (23/7). (istimewa)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS – Jajaran Kepolisian Resor Tabanan (Polres) Tabanan optimalkan sejumlah pelayanan. Khususnya pada bidang tahanan dan titipan (Tahti),  dengan memaksimalkan kapasitas ruang tahanan (rutan) yang ada saat ini.

Prosesnya saat ini sedang berlangsung dengan memanfaatkan lahan yang ada di Polres Tabanan. Jumat (23/7), proses pengembangan rutan itu dipantau Kepala Biro Perencanaan Kepolisian Daerah (Karo Rena Polda) Bali, Kombes Pol I Ketut Onik Surawan.

"Pembangunan rumah tahanan ini bagian dari program optimalisasi pelayanan," jelas Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy PS Siregar, usai mendampingi Karo Rena Polda Bali.

Baca juga: Soal Bantuan Kuota Internet, Disdik Tunggu Kebijakan Pusat

Ditegaskannya, perluasan rutan ini juga sebagai tindak lanjut dari Program Prioritas Kapolri pada bidang Tahti. "Salah satunya menyediakan tempat yang layak bagi tahanan selama menjalani proses penyidikan kasus," tegasnya.

Perluasan ruang tahanan ini terdiri dari tiga ruangan. Kapasitas setiap ruangan maksimal sepuluh orang. Sehingga maksimal 30 orang. Satu ruangan untuk tahanan laki-laki. Satu ruangan tahanan wanita.

Selain itu, satu ruangan lagi untuk penempatan khusus (patsus). "Satu ruangan untuk patsus bagi anggota yang bermasalah," jelasnya.

Bila tidak ada halangan, perluasan ruang tahanan ini akan rampung pada Agustus 2021 mendatang. Sebagaimana estimasi yang disampaikan Kepala Sub Bagian Humas Polres Tabanan, Iptu Nyoman Subagia, secara terpisah.

"Itu baru perkiraan. Kalau proses pembangunannya sendiri kurang lebih sudah di posisi 80 persen. Paling tidak dengan adanya perluasan ini, ruang tahanan lebih manusiawi," pungkasnya. 

(bx/hai/rin/JPR)

 TOP