Kamis, 23 Sep 2021
baliexpress
Home > Hiburan
icon featured
Hiburan

Bali Photo Week 2021 Pajang 40 Foto Karya Mahasiswa ISI Denpasar

13 September 2021, 18: 19: 00 WIB | editor : Nyoman Suarna

Bali Photo Week 2021 Pajang 40 Foto Karya Mahasiswa ISI Denpasar

PAMERAN : Bali Photo Week 2021 yang menghadirkan puluhan foto karya Mahasiswa ISI Denpasar (Agung Bayu/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Sebanyak 40 buah foto terpajang dalam Pameran Bali Photo Week 2021 yang digelar mahasiswa Jurusan Fotografi ISI Denpasar di Gedung Dharmanegara Alaya. Pameran yang dilaksanakan selama seminggu ini (12-18 September 2021) mengangkat tema Adaptasi yang berkaitan dengan kehidupan di era pandemi Covid-19 ini. 

Pada pameran tersebut, peserta dibebaskan untuk berkreasi dalam foto. Mulai dari foto aktivitas di pasar saat pandemi, aktivitas di tempat pembuangan sampah, adat istiadat serta budaya yang berjalan di tengah pandemi. 

Salah satu yang unik adalah karya Gian yang bertajuk Since in Adapting. Ia menampilkan foto dalam bentuk fine art photography. Yang mana, beberapa foto ia gabung menjadi satu layaknya kolase. Beberapa cat dan pernak-pernik lain seperti potongan Koran juga ditambahkan, sehingga sekilas karyanya mirip dengan lukisan art brut. 

Baca juga: Tiga Hakim PN Gianyar Dilaporkan ke MA dan Komisi Yudisial

“Karya ini merupakan refleksi dari gejolak batin saya ketika melihat keadaan masyarakat saat pandemi Covid-19 ini. Reaksi serta perasaan lapisan masyarakat yang begitu beragam dalam menyikapi situasi yang belum pernah terjadi ini menjadi suatu hal menarik untuk saya dapat simpulkan dan ambil pelajarannya lewat karya ini. Bagi saya beradaptasi ialah berdamai dengan diri sendiri,” jelasnya saat diwawancara Senin (13/9). 

Sekretaris Pameran Bali Photo Week 2021, Luh Putu Ratna Megadani menuturkan, awalnya pameran ini bernama Imagination. Namun diubah menjadi Bali Photo Week dengan harapan bisa menjangkau hingga ke tingkat nasional. Dia menyebutkan, karya yang dipamerkan merupakan karya dari mahasiswa angkatan tahun 2018 hingga 2020 yang sebelumnya telah melewati seleksi. “Dari banyak karya yang masuk dilakukan seleksi dan terpilih sebanyak 40 karya untuk ditampilkan di sini,” ungkapnya. 

Sebelumnya, kata dia, pameran ini sempat beberapa kali dibatalkan karena pandemi Covid-19. Pameran serupa pernah digelar pada tahun 2020 lalu namun secara daring.

Pihaknya berharap, kedepan bisa berkolaborasi dengan mahasiswa dari kampus lain seperti ISI Jogja. “Makanya namanya kami ubah menjadi Bali Photo Week, dengan harapan next kami bisa berkolaborasi dengan kampus lain,” terangnya. 

Tak hanya pameran, acara ini juga dibarengi dengan kegiatan seminar yang digelar via zoom. Selain itu, ada mini talk show dan bedah buku mengenai fotografi saat era Kolonial di Bali.(ika)

(bx/ras/man/JPR)

 TOP