Kamis, 23 Sep 2021
baliexpress
Home > Features
icon featured
Features

Penyintas Covid Boleh Terima Vaksinasi Setelah Tiga Bulan

13 September 2021, 20: 18: 45 WIB | editor : Nyoman Suarna

Penyintas Covid Boleh Terima Vaksinasi Setelah Tiga Bulan

Vaksinasi terhadap ibu hamil. (istimewa)

Share this      

DENPASAR BALI EXPRESS- Aktivitas vaksinasi covid-19 saat ini masih dilakukan di seluruh Bali, tujuannya adalah segera membentuk kekebalan komunal di seluruh lapisan masyarakat. Terkait dwngan aktuvitas vaksinasi ini, ternyata penyitas covid-19 juga harus menerima vaksinasi covid-19.

Dr. dr. I Made Susila Utama, SpPD-KPTI FINASIM, dokter spesialis/Sub Spesialis, penyakit Dalam, Spesialis Konsultan Penyakit Tropik & Infeksi RSUP Sanglah mentebutkan bagi penyitas covid-19 harus kembali menerima vaksinasi covid-19. " Hal ini karena antibodi yang sudah terbentuk tidak bersifat permanen, sehingga diperlukan booster," jelasnya.

Vaksinasi bagi penyintas Covid-19 dianjurkan dilakukan setelah 3 bulan. Pada waktu tersebut, antibodi seseorang dianggap sudah mulai menurun.  Untuk mencegah tubuh terinfeksi kembali atau reinfeksi virus covid-19, karena antibodi dalam tubuh bisa bertahan paling lama hingga delapan bulan.

Baca juga: Hari Kedua, Pemuda Terseret Arus Masih Belum Ditemukan

Sebenarnya menurut dr. Susila, penyitas Covid-19 sebetulnya boleh saja mendapatkan vaksin sebelum tiga bulan jika dalam kondisi sehat dan tidak mengalami long Covid atau gejala yang bertahan. 

Namun, pada periode tersebut antibodi alami para penyitas masih dianggap masih cukup kuat untuk mencegah terjadinya infeksi kembali sehingga vaksinasi diprioritaskan untuk individu lain yang belum divaksinasi. "Sehingga bagi penyitas covid-19 harus tetap melakukan vaksinasi tiga bulan-delapan bulan setelah dia dinyatakan sembuh," tambahnya. 

(bx/gek/man/JPR)

 TOP