Kamis, 23 Sep 2021
baliexpress
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Oka Sulaksana Ambisi 8 Emas Beruntun di PON

13 September 2021, 20: 41: 41 WIB | editor : Nyoman Suarna

Oka Sulaksana Ambisi 8 Emas Beruntun di PON

I Gusti Made Oka Sulaksana (DOK.BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Peselancar senior Bali I Gusti Made Oka Sulaksana siap menunjukkan nama besarnya di pentas PON XX/2021 mendatang di Papua. Usia 50 tahun tak membatasi Oka Sulaksana dalam meraih prestasi.

Peselancar spesialis nomor RSX ini di Papua nanti memiliki ambisi agar namanya tetap abadi sebagai ‘suhu’ di dunia selancar angin Bali maupun nasional. Oka Sulaksana ingin meraih medali emas ke-8 secara beruntun sejak PON XIII/1993 Jakarta. “Setelah ini, saya fokus ke pembinaan atlet muda saja biar benar-benar bisa saya lepas,” ujar Oka Sulaksana, Senin (13/9).

 Dari pernyataannya tersebut, kemungkinan besar PON di Papua nanti adalah multi event terakhirnya. Oka Sulaksana ingin fokus meregenerasi atlet layar, khususnya selancar angin agar lahir ‘Oka Sulaksana’ lainnya. Sebab, olahraga layar ini termasuk langka di Bali dan minim peminat. Penerusnya memang ada beberapa, salah satunya adalah anak kandungnya sendiri.

Baca juga: Korea Utara Uji Rudal Jelajah Jarak Jauh

Dari dua gelaran PON (termasuk di Papua nanti), Oka Sulaksana bertanding selalu dibarengi dengan buah hatinya. Di PON XIX/2016 lalu, ia ditemani putrinya I Gusti Candra Pertiwi Sulaksana. Kemudian di PON Papua ini, giliran anak keduanya I Gusti Bagus Gopala Sulaksana yang ikut ambil bagian, tapi di kelas berbeda yakni RS One.

Dalam persiapan PON, kombinasi ayah dan anak ini diakuinya tak canggung, bahkan seperti rekan sejawat. Ditambah satu atlet lainnya yakni I Gusti Agung Danendra Hazel di nomor Bic Tehcno yang melahap porsi latihan yang sama. “Latihannya enam kali seminggu. Mungkin intensitasnya dikurangi menjelang berangkat,” beber Oka Sulaksana yang mana cabor layar dimulai 3 Oktober mendatang di Pantai Hamadi di Kota Jayapura.

Sekadar catatan, selain di PON, Oka Sulaksana juga pernah meraih medali emas untuk Indonesia di kancah Asian Games pada 1998 di Bangkok, Thailand dan Asian Games di Busan, Korea Selatan. Lalu, untuk kejuaraan internasional, sekelas olimpiade pernah diikutinya seperti Olimpiade Atalanta 1996, Sydney 2000, Athena 2004 dan Beijing 2008.

(bx/dip/man/JPR)

 TOP