Selasa, 19 Oct 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Kantongi Lisensi C1 Nasional, Dua Wasit Berangkat Bumi Cendrawasih

24 September 2021, 20: 03: 17 WIB | editor : Nyoman Suarna

Kantongi Lisensi C1 Nasional, Dua Wasit Berangkat Bumi Cendrawasih

DILEPAS : Slamet Raharja saat dilepas Ketua ASKAB PSSI Buleleng, Gede Suyasa (Dian Suryantini/Bali Express)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS – Setelah mengikuti pelatihan demi pelatihan dua orang wasit diberangkatkan ke Papua untuk bertugas pada Pekan Olahraga Nasional XX di Bui Cendrawasih tersebut. Dua orang wasit itu masing-masing Muhammad Kurnia Effendy yang bertugas pada cabang sepak bola putrid dan Slamet Raharja yang bertugas pada cabang olahraga sepak bola putra. Keduanya pun telah digodok lewat pelatihan wasit yang diselenggarakan PSSI.

Ketua Askab PSSI Buleleng, Gede Suyasa menyampaikan, dua orang wasit yang dikirim ke Papua ini merupakan hasil didikan yang dilakukan PSSI Buleleng. Suyasa mengklaim keduanya juga berpengalaman memimpin liga nasional. Ia pun berharap dalam pertandingan PON yang akan mereka pimpin dilakukan dengan maksimal dan memberikanyang terbaik. Suyasa juga menyebut dua wasit andalan PSSI Buleleng ini telah mengantongi lisensi nasional. Sehingga kemampuannya dalam memimpin liga tidak diragukan lagi. “Kedua wasit itu telah mendapat pelatihan sejak lama. Mereka juga telah mengikuti pelatihan wasit. Mulai pelatihan wasit dengan lisensi C3 di tingkat kabupaten, hingga mengantongi lisensi C1 nasional. Selama ini mereka sudah memimpin liga nasional, dan sekarang akan memimpin pertandingan PON,” ungkapnya usai melepas kedua wasit tersebut, Jumat (24/9).

Wasit Slamet Raharja menuturkan, tak banyak wasit yang dipanggil bertugas pada PON Papua. Untuk cabang olahraga sepakbola putri misalnya. Hanya ada 12 orang yang dipanggil. Sementara pada cabang olahraga sepakbola putra, ada 24 orang yang dipanggil bertugas. “Persiapan kami hanya menjaga stamina dengan latihan rutin. Kami sangat bersyukur bisa diberi kesempatan memimpin pertandingan pada PON Papua,” kata Slamet saat ditemui pada Jumat pagi.

Baca juga: PLN Lakukan 20 Hari Nyala Pelanggan Premium

Sementara itu salah satu wasit Muhamad Kurniadi Efendy yang akan memimpin pertandingan sepak bola putri mengatakan, awal mula kiprahnya menjadi wasit berkat dorongan, motivasi Askab PSSI Buleleng beserta jajarannya  yang diketuai Sekda Buleleng Gede Suyasa. “Saya ikut lisensi wasit pertama C3 di tingkat kabupaten, setelah lolos C3 lanjut mengikuti lisensi tingkat provinsi atau C2, setelah dilihat memiliki potensi bagus lanjut dipromosikan di tingkat nasional dan syukur di tingkat nasional lolos. Saya terus mempersiapkan diri baik secara pisik dan mental selama ini,” akunya.

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP