Selasa, 19 Oct 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Waspada Gelombang Setinggi 3,5 Meter

05 Oktober 2021, 20: 16: 24 WIB | editor : Nyoman Suarna

Waspada Gelombang Setinggi 3,5 Meter

MENDUNG: Langit mendung di Pantai Sanur, Denpasar, Selasa (5/10).) (IGN Agung Bayu SN/Bali Express)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Memasuki Oktober 2021, Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengimbau masyarakat yang berada di pesisir pantai lebih waspada. Sebab dalam tiga hari ke depan diprediksi akan terjadi gelombang berkisar 0,5 sampai 3,5 meter. 

“Tiga hari ke depan secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan secara tidak merata di sebagian wilayah Bali. Angin umumnya bertiup dari arah Tenggara menuju Selatan berkecepatan antara 4-36 Km per jam. Kemudian tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0,5-2,5 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 1-3 meter, Selat Bali berkisar antara 0,5 -3,5 meter dan di Selat Lombok berkisar antara 0,5-3,5 meter,” ujar Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Raharjo, Selasa (5/10).

Pihaknya pun mengimbau, agar masyarakat yang berada di pesisir pantai lebih waspada. Apalagi tinggi gelombang pasang yang mencapai 2 sampi 3 meter dapat terjadi di perairan utara dan selatan Bali. “Masyarakat harap agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat/petir,” ucapnya.

Baca juga: Satgas: Rata-rata Kesembuhan Covid-19 Capai 95,77 Persen

Menurut dia, meningkatnya curah hujan dapat terjadi lantaran wilayah Bali sedang dalam periode musim peralihan. Suhu permukaan laut yang hangat yakni antara 26-30 derajat celcius dapat meningkatkan potensi penguapan air. Sehingga awan hujan lebih cepat terbentuk. “Hujan ringan dapat berpotensi terjadi dari siang hingga malam hari baik di wilayah Bali timur, selatan, dan tengah. Dengan suhu udara berkisar antara 22-31 derajat celcius, dengan kelembaban udara berkisar antara 60-95 persen,” ungkapnya. (esa)

(bx/wan/man/JPR)

 TOP