Selasa, 19 Oct 2021
baliexpress
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Setelah Seperempat Abad, Bali Baru Bisa Dapat Emas Tinju

13 Oktober 2021, 20: 11: 47 WIB | editor : I Putu Suyatra

Setelah Seperempat Abad, Bali Baru Bisa Dapat Emas Tinju

PENANTIAN LAMA : Selebrasi petinju Bali, Kornelis Kwangu Langu (kiri) saat dinobatkan sebagai juara kelas 49kg usai mengalahkan Mario Kali dari NTT. (ISTIMEWA)

Share this      

JAYAPURA, BALI EXPRESS - Di PON 1996 atau seperempat abad lalu, saat berlangsung di Jakarta, dua petinju bersaudara Bali, Pino Bahari dan Nimo Bahari berhasil mempersembahkan medali emas. Setelah itu, emas Bali tersendat sampai akhirnya di tahun 2021 ini, medali tertinggi itu kembali hadir oleh sosok Kornelis Kwangu Langu. 

Kornelis Kwangu Langu berhasil menang telak atas petinju NTT, Mario Kali dalam tiga ronde di kelas 46-49kg. Juara SEA Games dan Asian Games ini dengan mudah mendaratkan pukulan di kepala Mario Kali. Dan pada keputusan pemenang, wasit pun mengangkat tangan Kornelis setinggi-tingginya dan langsung dirayakan singkat oleh Kornelis di atas ring tanda emas kembali ke Bali. 

"Saya sudah prediksi Kornelis bisa mengatasi lawannya karena kualitasnya jauh di atas lawannya," ujar pelatih tinju PON Bali, Julianus Leo Bunga usai pertandingan. 

Baca juga: Mendag: Niaga Elektronik Ekonomi Digital Sumbang Rp 1.908 T pada 2030

Bagi Julianus, emas ini sangat berarti untuk motivasi tim tinju Bali ke depannya, mengingat sudah 25 tahun lamanya amat dinanti. 

Selain satu emas itu, Bali juga menambah 2 perak. Sekeping perak diraih Julio Bria setelah kalah atas Yulius Lumoly dari Maluku di kelas 52-56kg. Julio disebutkan kalah karena faktor usia dan postur tubuh lawan yang tinggi. "Fisik Julio mulai kelelahan di ronde ketiga," imbuhnya.

Perak selanjutnya diraih Cakti Dwi Putra setelah kalah oleh Maeikhel Robert M dari Jawa Barat dengan kekalahan RSC (Referee Stops Contes) di kelas 69-75kg. Menyoal kekalahan Cakti dengan RSC disebutkannya, jika Cakti mendapat pukulan telak di dagu selama tiga kali dan sempat kemaluan Cakti terkena pukulan tapi tidak digubris oleh wasit.

Dengan hasil final tersebut, secara keseluruhan tim tinju PON Bali mengumpulkan 1 emas, 2 perak dan 3 perunggu. 

(bx/dip/yes/JPR)

 TOP