Minggu, 24 Oct 2021
Bali Express
Home / Sportainment
icon featured
Sportainment

Desak Rita Kejar Emas di PON Pertama

22 September 2021, 22: 01: 38 WIB | editor : Nyoman Suarna

Desak Rita Kejar Emas di PON Pertama

Desak Made Rita Kusuma Dewi (Istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Kembali dari pelatnas semakin membuat pemanjat tebing putri PON Bali, Desak Made Rita Kusuma Dewi makin semringah menatap PON XX/2020 mendatang. Meski, PON di Papua adalah PON pertamanya. 

Pemanjat berusia 20 tahun asal Buleleng ini telah memantapkan persiapannya, mulai dari fisik, mental dan teknik. Pengalaman di pelatnas, kejurnas dan kejuaraan dunia di Swiss beberapa waktu lalu membuat Desak Rita semakin terasah. Bahkan, telah memiliki catatan waktu yang bisa dibilang baik.  “Dalam latihan beberapa waktu lalu, saya sempat finish dengan waktu 6,89 dan 6,9 detik di nomor speed world record. Tapi itu semua bukan jaminan bisa dapat emas, karena panjat tebing bukan olahraga terukur. Tapi, paling tidak itu menjadi motivasi bagi saya untuk meraih emas,” tegas Desak Rita saat diwawancarai sebelum pelepasan atlet di Hotel Batukaru Garden III, Rabu (22/9).

Pengalaman mengikuti kejuaraan dunia di Swiss itu akan dijadikan pelajaran baginya. Ia jujur mengaku saat itu sedang grogi karena baru pertama kalinya ikuti world cup serta ke luar negeri. “Tapi di PON saya rasa mental saya sudah siap. Lawan-lawan yang saya hadapi nanti juga sudah sering bertemu di kejuaraan nasional. Ada dari Banten, Sulawesi Selatan dan NTB. Semua sudah saya kenal baik, karena teman di pelatnas juga,” serunya. 

Baca juga: Jabar dan Kalsel Rival Petembak PON Bali

Yang pasti, Desak Rita menyebutkan dirinya siap tampil di nomor speed world record meskipun ia juga disiapkan di nomor combain yakni gabungan tiga nomor (lead, boulder dan speed). “Sekarang fokus ke diri sendiri saja dan lawan jangan dijadikan beban, meski sama-sama tahu plus minus masing-masing,” ucapnya. 

Selain persiapan, dirinya juga telah mendapat support penuh dari orang tua, pengurus FPTI Bali, rekan sesama atlet dan juga KONI Bali. “Mohon doa restunya, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Bali,” tandasnya.

(bx/dip/man/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia